Langkah Mudah Membuat Desain Banner Unik dan Menarik

Meski kini telah banyak iklan dan persebaran informasi melalui dunia maya, banner merupakan media khusus yang tetap eksis di tengah kemajuan teknologi. Bahkan keberadaannya semakin terlihat menarik dengan bantuan beragam aplikasi desain yang tersedia di internet. Lantas bagaimana cara membuat desain banner yang menarik? Berikut ulasannya.

Buat Sketsa Kasar

Sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu aplikasi tertentu, alangkah lebih baik untuk membuat sketsa atau rancangan kasar yang bisa Anda gambar pada selembar kertas. Dengan membuat konsep yang jelas, nantinya pekerjaan Anda akan terarah dengan baik dan langsung pada inti fitur yang dibutuhkan.

Fungsi lain dari sketsa ini adalah tutorial desain yang Anda buat sendiri, seperti pengaturan font dan penempatannya agar lebih menarik. Jika Anda bisa membayangkan hasil dari banner yang ingin dibuat, maka sketsa tidak perlu dibuat.

Pilih Background Menarik

Selain tata letak font, background memiliki peranan penting dalam menentukan menarik tidaknya sebuah banner. Pemilihan ini harus berdasarkan isi dari banner itu sendiri karena secara tidak langsung orang akan melihat gambar atau background itu sendiri sebelum memutuskan untuk membaca isi di dalamnya.

Jika berhasil menemukan dan menempatkan gambar dengan baik, maka kemungkinan besar orang akan tertarik untuk berhenti sejenak dan membaca banner yang Anda buat berkat background yang telah disematkan di belakangnya.

Informasi Padat dan Jelas

Ingat bahwa sebuah banner merupakan media penyampai informasi secara singkat yang berfungsi untuk menarik minat publik. Dengan begitu tulisan yang digunakan haruslah mudah dibaca dan jelas. Isi yang terkandung di dalamnya hendaknya menggunakan listing untuk memudahkan penyampaian informasi tersebut.

Perhatikan Batas Frame

Banner yang nantinya akan dicetak harus disesuaikan dengan bentuk yang ingin dihasilkan ketika sudah jadi. Sebelum mendesain Anda harus terlebih dahulu menentukan batas frame agar nantinya desain banner yang Anda buat dengan susah payah tidak terpotong ketika akan dicetak.

Pilih 3 Warna Dominan

Dalam desain tersedia begitu banyak pilihan warna yang bisa Anda gunakan. Meski begitu Anda harus bisa menentukan 3 warna dominan yang akan Anda gunakan di dalam banner Anda. Jika Anda memasukkan begitu banyak pilihan warna, maka akibatnya banner tidak terlihat jelas atau kemungkinan buruk tulisan tidak terbaca.

Sementara jika Anda hanya menggunakan dua warna dominan atau satu warna dominan saja, maka desain Anda akan terlihat monoton dan membosankan. Sehingga tidak terlalu menarik minat pemabca atau target yang ingin dicapai.

Referensi Banner

Jika Anda kebingungan menempatkan masing-masing informasi agar terlihat menarik dan memiliki tata letak yang pas, Anda bisa melihat contoh banner yang tersedia di internet sebagai acuan. Namun Anda tidak diperbolehkan untuk meniru gambar dengan sama persis karena bisa saja banner tersebut memiliki hak cipta.

Jangan lupa simpan hasil desain Anda dalam mode high definition agar hasil desain Anda berkualitas tinggi dan tidak mudah rusak atau pecah ketika ingin dicetak. Selain dipengaruhi oleh bahan banner serta tinta yang digunakan, hasil cetak yang bagus juga dipengaruhi oleh kualitas bahan mentah yang dibuat sebelum proses cetak berlangsung.

Jika Anda merasa bingung atau pun memiliki deadline yang harus dikejar namun desain banner yang dikerjakan tidak kunjung selesai atau tidak memberikan hasil maksimal, berikan saja pada fastwork.id. Di sini Anda bisa menemukan ratusan pekerja handal yang siap membuatkan desain yang unik dan menarik untuk keperluan bisnis Anda.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *