Perbaikan pada saat Melakukan Service AC Mobil

Apa pun kendaraan yang dimiliki, entah itu mobil atau pun motor tetap saja memerlukan perawatan dengan melakukan service secara berkala. Anda perlu melakukannya agar kenyamanan saat mengendarai akan terus didapatkan. Salah satunya dengan melakukan service AC mobil. Anda tinggal menentukan bengkel yang akan dikunjungi rutin agar AC tetap bagus. 

  1. Filter Dryer

Komponen ini merupakan bagian yang perlu diperhatikan saat melakukan service AC. Anda harus mengecek komponen ini untuk melihat perlu adanya perbaikan atau tidak. Filter dryer ini merupakan komponen AC dengan fungsi untuk menampung freon sementara yang sudah berubah menjadi cair karena kinerja kondensor aman. 

Filter dryer ini juga bermanfaat untuk penyaring dan pengering uap air yang menjadi bagian sistem kerja AC mobil. Perhatikan filter ini apakah mengalami penyumbatan atau tidak agar tidak menghambat kinerja AC selama dihidupkan. 

Anda bisa menjaga kebersihan filter ini dengan menjaga kebersihan interior mobil. Jadi beban filter untuk menyaring udara dan debu menjadi lebih sedikit dan dampaknya AC mobil akan memiliki risiko rusak yang lebih banyak lagi. 

  1. Katup Ekspansi

Perhatikan juga bagian katup ekspansi yang kerjanya untuk mengatur intensitas tekanan gas freon. Komponen ini yang membantu mengubah udara menjadi udara angin yang diingin. Ketika katup ini tidak bisa melakukan proses kerjanya dengan optimal, maka gas freonnya juga tidak akan keluar dengan maksimal. Jadi Anda perlu melihat ke bagian katup ekspansi saat service. 

  1. Kipas Kondensor

Bagian penting pada AC yang perlu Anda perhatikan saat melakukan service. Bagian ini yang bekerja memberikan aliran udara dingin untuk sampai ke bagian refrigerant. Jika komponen ini mengalami kerusakan maka akan mengganggu proses kerja refrigerant dan ujungnya akan menyebabkan komponen pada refrigerant overheat.

  1. Suku Cadang 

Bagian lainnya pada AC yang harus diperhatikan adalah suku cadangnya. Ketika teknisi yang melakukan service mengatakan suku cadang yang dimiliki harus diganti maka Anda harus ikut serta mengeceknya lagi. Tujuannya untuk mengetahui apakah suku cadang harus diganti keseluruhan atau sebagiannya saja. 

Jika belum harus diganti setidaknya dengan memperhatikan bagian ini saat melakukan service membuat Anda mengetahui estimasi waktu untuk menggantinya. Jika suku cadang ini dibiarkan saja tanpa diganti maka pengeluaran untuk perawatan AC mobil akan terus membengkak. 

  1. Evaporator AC   

Selanjutnya yang perlu diperhatikan saat service AC adalah evaporator AC. Bagan yang bentuknya rapat dengan manfaat untuk memperbesar permukaan pendinginan unit. Evaporator juga bekerja untuk mendinginkan ruangan dengan lebih cepat. Anda tidak akan merasa gerah saat berada di dalam mobil apa lagi untuk perjalanan jauh. 

  1. Kondensor AC

Jika AC di dalam mobil dinginnya mulai tidak menyeluruh atau stabil Anda bisa memperhatikan bagian kondensornya. Bisa jadi masalah ada pada bagian ini. Fungsi dari kondensor AC adalah untuk menukar kalor. Bagian inilah yang kerjanya mengubah refrigerant dari bentuk gas menjadi cair.

Fungsi lainnya untuk menurunkan suhu temperatur refrigerant, setelah itu baru kalor refrigerant dilepaskan ke udara lepas. Biasanya proses pelepasan udara ini dapat bekerja lebih maksimal ketika kondensor bentuknya berliku-liku dan dilengkapi dengan sirip. 

Di mana pun nantinya Anda melakukan service AC pada mobil, harus ingat untuk memperhatikan komponen lainnya. Usahakanlah untuk melakukan service pada tempat yang memang berkualitas dan melakukan pelayanan khusus bengkel AC mobil. Anda bisa mengunjungi website supercar.id untuk mendapatkan informasi tentang AC mobil. 

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *